Sunday, November 14, 2010

Kue Bebangket oleh Ratih Chandra

Dear Ibu-bu Host Bangket Week dan teman NCCers

Setelah membolak-balik klipingan koleksi resep masakan Betawi, ketemu deh resep Kue Bebangket  versi Tabloid Saji edisi Ultah Jakarta ini. Akhirnya jadilah malam mingguan dihabiskan dengan membuat Kue Warisan Betawi ini… Cetakannya aku temuin waktu Tour de Pasar Jatinegara (baru sekali ke pasar ini, penasaran sama isinya :D ) dan anak2ku suka sama cetakan ini karena ada gambarnya “Anak Burung” yang imut-imut.  Jadi aku kebagian buat adonan dan manggang, anak2 yang nyetak…
Tekstur kuenya diluarnya kokoh, pas digigit renyah (mungkin karena soda kue yaa) dan pastinya lumer di mulut…
Sungguh berbeda deh dengan style foto teman2 yang rapih2 tertata dalam piring ditemani teh dan kopi…  Minggu pagi tadi, saat akan “photo session” dgn hasil Kue Bebangket ini, sungguh “membangkitkan” semangat seluruh keluargaku karena semua sumbang saran buat property nya… Alhasilnya burung-burung imut ini disetujui untuk difoto dalam sarang jerami buatannya si Mbak..  Styling yang agak nyeleneh… but it’s fun! hahaha

Berikut ini resepnya ya
Kue Bebangket
Tabloid Saji (edisi 22/th II/14 Juni -27 Juni 2004), modified  by  Ratih Chandra
Untuk 900 gram
Bahan:
4 butir telur --- aku pakai 3 butir ukuran sedang  
280 gram gula pasir –- aku pakai 200gram gula pasir + 80 gram gula palem
¼ sdt soda kue
1 sendok makan bumbu lapis legit – aku tidak pakai, karena anak2 nggak suka
6 lembar daun jeruk purut, dihaluskan
1 sedok teh jahe bubuk – aku  tambah jadi 1 sendok makan
250 gram kelapa setengah tua dikupas, parut kasar, sangrai dan tumbuk halus –- aku pakai 100 gr kelapa kering siap pakai dan 150 gram coconut powder, jadi hasilnya lebih harum dan gurih.
50 gram margarine, dikocok lembut
125 gram tepung terigu, disangrai sampai kering, sisihkan agar dingin
350 gram tepung kanji, disangrai sampai kering –- aku tambahkan 4 lembar daun pandan saat disangrai, sisihkan agar dingin
Plus aku tambahkan pula 50 gram wijen hitam untuk variasi tampilan
Cara membuat:
1.    Campurkan/ayak, terigu sangrai, sagu sangrai dan coconut powder, sisihkan
2.    Kocok telur dan gula sampai kental, masukkan soda kue, bumbu lapis (aku gak pake), daun jeruk, jahe bubuk, kelapa tumbuk, aduk rata.
3.    Masukkan margarine kocok, aduk perlahan.
4.    Masukkan campuran tepung yang telah diayak (point 1)
5.    Cetak adonan, lalu panggang di oven selama 30 menit dengan suhu 150˚C



Selamat mencoba ya!
Salam Ceria!
Ratih Chandra

No comments:

Post a Comment