Wednesday, November 17, 2010

Bangket Susu oleh Dita Dee

Dear NCC-ers dan Host Bangket Week
Akhirnya setelah ngiler liat foto dan baca cerita2 tentang kue banket nan fenomenal ini, aku bisa ngerasain juga rasanya...

Beneran bikin nagih, ternyata. Lumer dimulut dengan tekstur yang rada rapuh. Sesuai dengan note di resepnya yang bilang, nyetak dan angkat kue dengan penuh kasih sayang setelah dipanggang. Aw aw aw rasa sagu bercampur susu leleh dimulut, lidah bergoyang goyang menyapu sisa rasa manis dan gurih sebelum ditelan ..emang bikin ketagihan :)
Karena ini pertama kalinya aku bikin kue bangket, aku ambil resep yang jadi favorite: Bangket susu Nadrah. Bahannya mudah di dapat (aku cuma bikin 1/2 resep)  Trus ikutin cara buatnya.  Pas sampai proses mencetak, tadinya aku coba di cetakan kayu, tapi ternyata agak susah dikeluarin dari cetakannya, akhirnya aku cari cetakan praline, ternyata lebih mudah :)

Setalah jadi, ponakan dan bapak ibu yg dari tadi nunggu gak sabar ingin ikut nyoba juga. Mereka bilang enak, lumer dimulut dan berasa banget susunya..
Nah, tinggal suamiku nih nyoba untuk tes udah bener belum tekstur dan rasa kue bangket seperti yg dia pernah makan dulu (karena cuma dia yang pernah nyoba kue ini, secara dia orang sumatera)...baru mau nyisihin buat suami, tau2 toplesnya udh kosooong!!! Hehehe. 
Mudah2an masih sempat cobain resep bangket lainnya, tertarik untuk coba ya rasa jahe resepnya Daniar yang bikin mba Riana histeris :p

Ini resepnya aku kopas dr milis NCC.
Bangket Susu oleh Nadrah Shahab.

Bahan:
500 gr sagu
100 gr margarine
150 gr gula halus
 75 gr susu kental manis

Cara membuat:
1.Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan
2.Campur semua bahan
3.Cetak menggunakan cetakan kue satu
4.Bakar dgn api kecil (140 derajad celcius) selama lk 10 mnt
5. Angkat kukis tidak pada saat panas.
6. karena kue ini textur nya rapuh sekali, angkatnya harus dengan kasih sayang, atur ditoples, jangan diangkat lagi, kecuali mau dimakan.
--
Warm Regards
Dita.Dee

No comments:

Post a Comment