Wednesday, October 27, 2010

Kue Jahe Manis oleh Ikha Vitarika

Penampilan yang manis dari Kue Jahe-nya Ikha, rasa memprul dan lumer menjadi sensasi tersendiri dari Kue Bangket

Berniat untuk meramaikan NCC Bangket Week, aku mencoba membuat kue jahe manis a.k.a bangket jahe .. Resep yang aku pakai yaitu hasil temuan mbak PuspitaWidowati tempo hari

Cara membuatnya ternyata mudah .. setelah semua bahan dicampur menjadi satu,tinggal aku cetak satu per satu dengan cetakan cokelat silikon. Sebenarnya menurut resep, adonan seharusnya digilas lalu baru dicetak dengan cookiescutter. Tapi karena adonanku mawur sekali, jadi ada rasa takut gagal kalo
digilas, aku pakai cetakan cokelat saja. Apalagi karena menggunakan cetakan silikon, kue-kue yang sudah tercetak akan lebih mudah dikeluarkan tanpa takut remuk. Hehehee

Sempat kecewa juga dengan hasil kuenya .. bukan karena gagal, tapi lebih karena penampilan warnanya yang tidak sesuai dengan hasil foto resep aslinya. Bangket jaheku warnanya masih putih krem, sedangkan di resep warna cokelat jahenya bagus sekali. Kok ngga sama yaa .. padahal aku sudah pakai gula merah tua loh. Tapi
meskipun begitu, rasa bangketnya enak. Aroma jahenya terasa. Kuenya cantik tapi mudah hancur .. apalagi kalau sudah didalam mulut. Hmmm .. rasanya mempur lumer





Aku salin lagi resep Kue Jahe Manis-nya ..


Bahan :
175 ml santan (75 ml santan kara + 100 ml air)
100 gr gula merah
50 gr jahe, diparut
100 gr margarin
100 gr gula halus
1 kuning telur
500 gr tepung kanji, disangrai 15 menit di atas api kecil
Cara membuat :
1. Rebus gula merah, jahe dan santan lalu saring. Dinginkan.
2. Kocok margarin, gula halus dan kuning telur hingga lembut.
3. Masukkan tepung kanji, aduk rata.
4. Tambahkan rebusan gula, aduk rata.
5. Tipiskan adonan lalu cetak – aku cetak di dalam cetakan cokelat lalu tata di
loyang kue kering.
6. Oven sampai matang selama 20 menit – aku pakai suhu 150 C.

No comments:

Post a Comment