Sunday, October 24, 2010

Bangket Susu oleh Afrilia

Afrilia memperlakukan bangket Susunya dengan lembut dan penuh kasih sayang lho. Pantas saja kan hasilnya yahud!
Hi Host2 cantik Bangket Weeks and para NCCers tercinta,

Mau ikitan Bangket weeks ini karena penasaran ma kue Bangket tsb. Seperti apa sih Kue Bangket itu?? Rasa and teksturnya gmn ya?? Penasaran...penasaran...penasaran.
Kata Sepupuku, Klo kue bangket jahe itu khasnya Banyuwangi, kota tetangga di kampung halaman bapakku, Lumajang-Jawa Timur.

Akhirnya kemaren pulang kerja, habis sholat maghrib langsung nyoba bikin kue Bangket Susu ini karena bahan2nya ada dirumah, sisa kue kering lebaran kmrn. Aku bikinnya setengah resep dl, takut gagal. cara sih gampang, semua bahannya dicampur2 rata aja, ga pake mixer. Aku pke sarung tangan pas step tsb biar adonan ndak keras. Adonannya itu agak ngepyur seperti kurang mentega,tp gpp, lanjutin aja. Kemudian, adonan yg nge-pyur tsb dimasukkan ke cetakan kue satu lalu agak ditekan2 supaya padat.

Problemnya adalah saat ngeluarin dr cetakan, kudu diketok2 dl tuh cetakan biar adonannya keluar. Tp ngetoknya pun harus extra hati2, klo ndak, si adonan ini bakal hancur dengan sukses. Jadi ketok2lah si cetakan dengan lembut dan penuh rasa kasih sayang, hehehehe.... :) bener ga sih?? ada cara lain ga ya untuk ngeluarin nih adonan dr cetakannya?? CMIIW
Setelah itu baru deh, di panggang dengan suhu rendah selama 10-20mnt (klo aku lho ya krn ovennya imyut2). Setelah itu, keluarkan loyang dan jangan diangkat dl tuh kue bangket. biarkan agak dingin dl. Angkatnya pun dengan penuh kelembutan ya, krn klo pke tenaga, dijamin lgsg pecah tuh kue. Pokonya nih kue hrs diperlakukan secara lembut dan penuh kasih sayang :P

Aku pke resepnya mba Nadrah tp aku modif sedikit dengan penambahan pasta susu, biar susunya lebih berasa :) hasilnya, muantap deh, ada kriuk2nya. Dan.... akupun ingat klo kue ini sering aku makan klo lg mudik ke Lumajang jaman aku kecil dl. Disana byk sekali ditemukan dirumah2 pas Lebaran kue Bangket ini. Tp berhubung dulu aku masih kecil, jd ndak tau apa nama kue itun taunya cmn makan doang, sampe akhirnya td malam aku mengetahuinya... hehehe.... telat.com :P





Kue Bangket Susu
oleh: Nadrah Shahab modif by mTvKitcHen

Bahan:
500 gr sagu
100 gr margarine
150 gr gula halus
75 gr susu kental manis
1/2 sdt pasta susa--> penambahan dari aku

Cara membuat:
1.Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan
2.Campur semua bahan
3.Cetak menggunakan cetakan kue satu
4.Bakar dgn api kecil (140 derajad celcius) selama lk 10 mnt
5. Angkat kukis tidak pada saat panas.
6. karena kue ini textur nya rapuh sekali, angkatnya harus dengan kasih sayang, atur ditoples, jangan diangkat lagi, kecuali mau dimakan.
Sekian laporan Bangket week dari Batam. Makasih

--
Salam,
Afrilia -- YgLgDikantorSambilNyemilKueBangketSusu--
081536015483
http://mtvkitchen.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment