Wednesday, October 27, 2010

Bangket Jahe Coin oleh Anggi R. ThaTa

Proses mencetak yang menyulitkan membuat Anggi beralih ke cetakan cookies biasa, hasilnya jadilah Bangket bentuk coin...

Awal mula nya masih ngaa ngeh sama ỳάņğ nama nya kue bangket sampai мвăƙ puspita posting tempo hari lalu dibenarkan oleh мвăƙ riana, "loh ini kan kue kesenengan mama", dan dalam hati saya langsung bertekad untuk mencoba tantangan Bangket Week ini.

Bermula dari keinginan menyenangkan hati mama ỳάņğ sangat ² suka kue jahe ini ( kita sekeluarga nyebut nya kue jahe ), trus lihat bahan ² ∂ï rumah ada maka hari senin kemarin setelah nganter thariq sekolah dimulai lah pembuatan kue jahe manis ini.

Pertama marut jahe lalu ∂ï rebus dengan santan dan gula merah..done..lalu sangrai kanji dengan daun pandan..done..setelah itu kocok margarine gula halus dan kuning telur pake pastry blender trus masukin kanji dan rebusan gula nya.

Nah..., ke stress an dimulai..., nyoba nyetak pake cetakan kue satu hasil beli hari minggu ∂ï pecinan lama ỳάņğ bentuk nya macem ² ada jagung, bunga dll (pilihan nya thariq) ternyata susahhhh..., hanya berhasil nyetak 4 biji yg lain nya begitu ∂ï ketok hancurrr dengan sukses nya mana ∂ï recokin mulu sama taqi lengkap lah sudah penderitaan ku huhuhuhu.... Akhirnya nyerahhhhh... pake cetakan cookies yg coin aja Dέεçh, dan hasilnya...ternyata enaakkk (kata suami, anak ² dan si мвăƙ nya anak ² Ħεε..Ħεε.. :D) , tekstur nya keras mirip biscuit tapi lumer dimulut dengan rasa manis dan jahe ỳάņğ soft ehmmm...‎اَلْحَمْدُلِلّهِ ...

Terlampir resep nya dengan sedikit modifikasi by anggi (taela...cuma modif daun pandan doang Ћάћά.‧::‧ ћάћά.‧::‧ )

Kue Jahe Manis
Source : majalah sedap

Bahan:
175 ml santan
100 gr gula merah
50 gr jahe, diparut
100 gr margarine
100 gr gula halus
1 kuning telur
2 lembar daun pandan---(aslinya ng pake)
500 gr kanji, sangrai 15 menit diatas api kecil----(aku tambahin 2 lembar pandan waktu ∂ï sangrai nya)

Cara membuat:
1.       Rebus gula merah, jahe dan santan lalu saring. Dinginkan.
2.       Kocok margarine, gula halus dan kuning telur hingga lembut
3.       Masukkan kanji, aduk rata. Tambahkan rebusan gula. Aduk rata
4.       Tipiskan adonan lalu cetak. Oven sampai matang. Oven selama 20 menit.






Best Regards...
Anggi R. ThaTa
@Bandung

No comments:

Post a Comment